Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Rabu, 02 November 2011

5 Alasan Mengapa Penting untuk Matikan Komputer Melalui Proses Shutdown

Shutdown Apakah suatu keharusan untuk dilakukan ketika kita telah selesai menggunakan komputer kita, namun masih ada beberapa orang yang mengabaikannya dan langsung menekan tombol daya untuk menghidupkan komputer mereka. Dalam hal ini tidak melalui proses langkah mematikan komputer dengan benar, langsung cabut power atau menekan tombol power ketika komputer masih hidup.

Bagi Anda yang kadang mengabaikan proses shutdown, itu dianjurkan untuk membaca penjelasan di bawah ini, karena  terlalu sering mematikan komputer langsung lepaskan dari sumber listrik tanpa melakukan proses shutdown, ada beberapa masalah yang mungkin terjadi.


Berikut adalah 5 alasan mengapa Anda harus mematikan komputer Anda melalui proses shutdown/turn off:

1. Ketika proses shutdown, komputer akan meregister komponen dan perangkat lunak, dan juga data yang digunakan atau yang dihapus. 

Ketika kita mematikan komputer secara langsung, maka komponen atau perangkat lunak juga data yang digunakan tidak akan disimpan ke dalam catatan, sehingga ketika masalah terjadi pada komputer, tidak akan dapat menjalankan pemulihan sistem berdasarkan tanggal atau waktu yang telah ditetapkan. 

2. Ketika proses shutdown, prosesor akan perintah bios untuk menghentikan semua pekerjaan dari komponen bekerja, sehingga daya akan melepas normal.

Tetapi ketika kita mematikannya secara langsung, komponen tiba-tiba akan mematikan tanpa pemutusan normal sehingga lama kelamaan akan membuat kerusakan pada komponen.  

3. Ketika proses shutdown, kipas komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk proses pendinginan prosesor, ketika kita mematikannya secara langsung,  pendingin prosesor tidak akan bekerja secara normal, sehingga lama kelamaan prosesor akan rusak. 



4. Ketika proses shutdown, memori akan dikosongkan, sehingga ketika komputer digunakan lagi, memori akan pada keadaan segar, tetapi ketika kita mematikannya secara langsung, kemungkinan besar memori akan rusak.

5. Ketika proses shutdown, hard disk akan bekerja untuk menyimpan data diperintahkan oleh prosesor, dan juga menyalin data komponen dan perangkat lunak ke dalam catatan komputer, dan kepala hard disk akan dikembalikan ke posisinya (tidak membaca setiap hard disk)

Ketika kita mematikannya secara langsung, selain komponen dan perangkat lunak tidak akan disimpan ke dalam catatan, posisi kepala hard disk juga akan tinggal di tengah-tengah silinder hard disk, sehingga ketika dinyalakan lagi, mungkin merusak hard disk /bad sector silinder akan dibuat, lama kelamaan itu akan merusak hard disk .

Jadi jangan heran mengapa pada proses shutdown, komputer Anda tidak langsung mati, karena sebenarnya pada waktu itu sistem komputer ini juga bekerja. kesimpulannya, ketika Anda tidak ingin ada masalah pada, perangkat keras komputer Anda atau sistem, Anda harus mematikan komputer Anda melalui proses shutdown. 







http://tosu777.blogspot.com/2011/11/5-alasan-mengapa-penting-untuk-matikan.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.